Kamis, 26 September 2019

semarang

1. Nasi Goreng Babat

Babat merupakan salah satu bagian dari jeroan sapi yang dijadikan banyak olahan makanan di Indonesia, salah satunya adalah nasi goreng babat dan babat gongso khas Semarang ini. Warung Pak Sukarmin merupakan salah satu yang tertua di Semarang. Dibuka sejak tahun 1971, warung sederhana Pak Karmin ini selalu laris diserbu pengunjung. Di sini, babat diolah dengan teknik khusus sehingga tidak lagi berbau ketika disajikan. Babat Pak Karmin juga terkenal empuk dan gurih berkat bumbu rahasia yang diwariskan dari orang tuanya.

2. Tahu Gimbal



Mengingat posisi Semarang yang terletak di pesisir utara Jawa, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan berbumbu petis seperti di Surabaya, Lamongan dan Tuban. Di Semarang, makanan dengan bumbu petis yang terkenal adalah tahu gimbal.
Tahu gimbal berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin yang nikmat. Tahu Gimbal Pak Edi merupakan salah satu tempat rekomendasi untuk mencoba kuliner khas Semarang ini.
3. Nasi Pidang

Pindang di beberapa daerah merupakan nama sejenis ikan. Berbeda dengan di Semarang, nasi pindang merupakan olahan daging sapi yang dikombinasikan dengan kuah rempah kluwek dan daun melinjo. Secara penampilan, nasi pindang hampir mirip seperti rawon di Jawa Timur, namun tidak terlalu pekat dan lebih terasa segar.
Warung Pak Ndut yang menyajikan hidangan khas Semarang ini juga termasuk yang melegenda karena telah berdiri sejak tahun 1973 dan telah turun temurun diwariskan hingga generasi keempat. Dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB, nasi pindang Pak Ndut selalu ludes diserbu pembeli. Jadi kalau mau cobain, jangan datang terlalu telat ya!
4. Sate Buntel



Para pecinta kambing wajib mampir ke rumah makan olahan kambing yang sudah berdiri sejak tahun 1945 Sate dan Gule Kambing 29. Banyak menu variatif yang ditawarkan oleh rumah makan spesialis kambing ini, seperti sate buntel dan pepes olor. Sate buntel merupakan sajian daging kambing cacah berbumbu yang dibalut dengan gajih tipis lalu dibakar layaknya sate. Kalau dibayangkan saja sudah bikin ngiler ya. Sedangkan pepes olor terbuat dari sumsum tulang belakang (olor) yang dimasak layaknya pepes. Lezat dan tentunya lebih sehat.

5. Wedhang Tahu



Kuliner unik ini sangat pas untuk kamu yang sedang berburu minuman hangat dan menyegarkan. Wedang tahu terbuat dari campuran gula jawa, jahe dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Rasa dari wedang tahu ini cenderung manis dan bersifat menghangatkan.
Selain itu, wedang tahu dipercaya bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan ASI, menurunkan tekanan darah tinggi, memperbaiki metabolisme, dan menurunkan kolesterol serta tidak bikin kantong bolong karena harganya sangat terjangkau! Cus langsung menuju Wedang Tahu Pak Pardi untuk menikmatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar